Wednesday, June 27, 2012

Tabulampot Jeruk Nipis

Tabulampot Jeruk Nipis
Tabulampot/tanaman buah dalam pot pertama saya adalah Jeruk Nipis. Salah satu tanaman yang sering banyak dibudidayakan ataupun ditanam untuk keperluan pribadi ataupun komersial ini sangat banyak manfaatnya. Tanaman genus Citrus ini atau species Citrus Aurantofolia dimanfaatkan buahnya. Jeruk Nipis ini banyak manfaatnya dan yang sering digunakan manfaatnya untuk penyedap masakan dan untuk menghilangkan lendir tenggorokan/batuk, manfaat lainnya antara lain:

1. Tekanan darah tinggi
2. Demam ataupun flu
3. Perawatan kecantikan seperti: menghilangkan jerawat, pembersih muka/kulit, menghilangkan ketombe, memperindah rambut, menghilangkan bau abdan dan lain sebagainya.
4. Bumbu pelengkap masakan seperti: untuk garnis, penyedap rasa dan menghilangkan bau amis ikan dan daging, garnish ataupun perlengkapan minuman segar, dan jus ada juga yg dibuat kue pie.
5. Bisa juga digunakan untuk pengusir nyamuk


Tabulampot Jeruk Nipis cukuplah mudah dan banyak yang sukses. Menanam sesuatu dan menghasilkan sangatlah menggembirakan dan membanggakan apalagi tanaman itu bermanfaat bagi kita dan lingkungan sekitar kita. Tabulampot Jeruk Nipis saya peroleh disekitar daerah Cihideung Bandung seharga sepuluh ribu rupiah. Salah satu keunggulan tabulampot adalah tidak memerlukan tempat luas dan bisa dipindah-pindah. Dan keunggulan lainnya tanaman jeruk adalah berbuah tidak mengenal musim jika perawatannya dilakukan secara benar. 
Perawatan:
Seperti umumnya tanaman dalam pot/tabulampot lainnya, hal-hal berikut adalah beberapa perawatan rutin:
1. Pengairan
Tanaman Jeruk Nipis hendaknya dilakukan pemberian air secukupnya pagi dan sore hari
2. Pembersihan Gulma
Hilangkan gulma pengganggu disekitar akar tanaman Jeruk Nipis
3. Pemupukan
Untuk tahap pertumbuhan berikan pupuk dengan kadar N tinggi, sedangkan pada tahap pembuahan berikan pupuk dengan kadar P & K lebih tinggi. Jika Anda bingung, cukup diberikan pupuk NPK seimbang.

Selamat berkebun dan selamat memanen hasilnya.



No comments:

Post a Comment

Mobile_Ads